Sunday, January 2, 2011

mr evolta

Mobil balap sering diuji ketahananya di sirkuit Le Mans, Perancis. Namun kali ini, bukan mobil yang diuji, melainkan sebuah robot pengendara sepeda beroda tiga buatan Panasonic yang diberi nama Mr Evolta. Robot tersebut direncanakan bakal memecahkan Guinnes Book of Record dalam hal jarak terjauh yang bisa dicapai oleh sebuah kendaraan berperangkat remote control, dengan kayuhan secepat 1,3 km per jam.

Robot ini akan mengelilingi sirkuit Le Mans yang berjarak lintasan 4 km sebanyak enam lap selama satu hari penuh, dan bakal dicapai pada Rabu ini.

Sumber tenaga bagi robot ini adalah dua buah baterai tipe AA yang dirancang dapat memiliki kapasitas tenaga lebih besar dan daya tampung tenaga lebih efisien daripada jenis beterai alkalin lainnya.

Takahashi Tomotaka yang menciptakan robot ini mengatakan, “Itu cukup sulit. Ada waktu 24 jam dan itu sulit bagi baterainya dan juga sulit untuk robot itu sendiri,” katanya. “Itu hampir mustahil untuk mengharapkan selama 24 jam kondisinya bagus, cuaca tenang. Mungkin akan ada pancuran atau angin yang kencang. Kami menemukan banyak serangga datang di depan lampu besarnya, sehingga bisa jadi masalah lain.”

Oleh sebab itu, rencananya robot ini akan dituntun oleh kendaraan penuntun di depannya agar jalurnya tidak melenceng.

Berikut ini video Mr Evolta dalam sebuah ujicoba.
 <object width="480" height="385"><param name="movie" value="http://www.youtube.com/v/4rVQ2LS13dE?fs=1&amp;hl=en_US"></param><param name="allowFullScreen" value="true"></param><param name="allowscriptaccess" value="always"></param><embed src="http://www.youtube.com/v/4rVQ2LS13dE?fs=1&amp;hl=en_US" type="application/x-shockwave-flash" allowscriptaccess="always" allowfullscreen="true" width="480" height="385"></embed></object>
 


No comments:

Post a Comment